BAGIAN – BAGIAN MOTOR DIESEL
Update
lagi nih, saya akan bagikan sebuah materi motor diesel. Buat anak mesin harus
baca artikel ini untuk menambah wawasan Anda tentang mesin diesel ngak usah
terlalu panjang lebar langsung saja simak berikut ini.
Konstruksi
utama dari motor diesel adalah terdiri dari kepala silinder, blok motor, dan
karter motor.
1. Kepala Silinder (Cylinder Head)
Bahan
: dibuat dari paduan baja tuang
Kegunaan
: untuk menutup blok motor bagian atas, dimana antara kepala silinder
dengan
blok motor dapat dipisahkan
Konstruksi
kepala silinder :
Terdapat
lubang – lubang untuk saluran air pendingin mesin
Terdapat
ruang rongga untuk ruang pembakaran
Terdapat
lubang – lubang untuk tempat kedudukan nozzle pengabut (injector
nozzle)
Terdapat
lubang – lubang untuk tempat kedudukan katup masuk dan katup
buang serta mekanis katup lainnya
Terdapat
lubang - lubang untuk tempat kedudukan baut pengikat mesin
Tempat kedudukan kaitan pengangkat
mesin
Pemasangan
kepala silinder motor
Pada
umumnya kepala silinder dapat dipisahkan dari blok motor
Diantara
kepala silinder dan silinder blok dipasang pelapis packing yang dibuat
dari
asbes dibungkus dengan tembaga, gunanya untuk merapatkan permukaan
antara
kepala silinder dan blok silinder, sehingga tidak terdapat kebocoran dan
harus tahan terhadap suhu panas yang
tinggi
Pelapis
packing sebelum dipasang diberi stenvet oli atau gasket lem
Untuk
membuka dan mengeraskan mur atau baut kepala silinder harus menurut
urutan tertentu dan selalu dimulai dari
bagian tengah selanjutnya melebar
keluar dengan sistem diagonal atau sistem
menyilang, dimana tiap – tiap mur
atau baut kepala silinder harus mempunyai
tekanan yang sama
Untuk
mengeraskan mur atau baut kepala silinder mempergunakan kunci
momen
Gambar
urutan pembongkaran dan pemasangan baut
Packing
kepala silinder (gasket cylinder head)
Kegunaan
pelapis packing adalah untuk mengatasi kebocoran antara kepala silinder
dan
blok motor. Tiap – tiap motor jenis pelapis packing mempunyai bentuk yang
berbeda
– beda
Cara
memasang pelapis packing pada kepala silinder
Seluruh
permukaan kepala silinder di lapisi oli stenvet
Kedua
permukaan pelapis packing ada yang sama bentuknya, apabila tidak
sama
meka yang terdapat lipatan, harus menghadap ke kepala silinder motor
tersebut
Gambar.bentuk
pelapis packing kepala silinder (gasket cylinder head)
2. Blok Motor dan silinder
A.
Blok Motor
Bahan
: terbuat dari paduan baja tuang
Keguanaan:
Sebagai
tempat bersirkulasi saluran air pendingin
Sebagai
tempat duduknya poros engkol
Sebagai
tempat duduknya peralatan mekanik katup
Blok motor
disatukan dengan silinder yang mana fungsi silinder sebagai tempat
bergeraknya
piston.
Gambar blok motor
B.
Tabung Silinder Motor (cylinder liner)
Bahan
: terbuat dari paduan baja tuang yang dikerskan, silinder motor dapat
dilepaskan
dari blok motor dan ada pula disenyawakan langsung pada blok motor.
Silinder
yang dpat dilepaskan dari blok motor terbagi atas :
1.
Tabung silinder basah (Wet type cylinder liner)
Adalah :
tabung silinder yang berhubungan langsung dengan air pendingin
2.
Tabung silinder kering (dry type cylinder liner)
Adalah
: tabung silinder yang tidak berhubungan langsung dengan air
Pendingin
3.
Karter Motor (oil pan)
Karter
(oil pan) adalah bagian dari motor yang mendukung dan menutup bagian dari
poros
engkol (crankshaft) dari mesin tersebut.
Kegunaan
:
Untuk
tempat minyak pelumas
Pada karter
dilengkapi dengan pelapis packing yang terbuat dari gabus
Pedoman
cara memasang pelapis packing pada karter
Bagian
yang melekat pada blok motor yang dilengkapi dengan oli stenvet, sedangkan bagian
yang melekat pada karter dilapisi dengan gasket lem shellac
Gambar oil
pan dan gasket oil pan
4.
Manifold
Manifold
pada motor diesel terbagi menjadi 2 macam meliputi :
1.
manifold masuk ( saluran pemasukan udara )
2.
manifold buang ( saluran pembuangan gas bekas)
konstruksi
:
dihubungkan
menjadi satu antara manifold masuk dan manifold buang dan ada
yang
terpisah
manifold
masuk terdapat saringan udara dan berhubungan pada venturi kontrol
untuk
mesin diesel yang jenis pompa penekan bahan bakarnya type kevakuman
udara
manifold
buang erhubungan dengan pipa pembuangan gas bekas
manifod
masuk dan buang diletakkan pada blok motor dengan pelapis dari tembaga
dan asbes
supaya tidak bocor
pada jenis manifold masuk dan
buang distukan dengan maksud supaya panas yang
dipancarkan oleh saluran pembuangan
dapat dipakai untuk memanaskan pipa
pemasukan
agar udara yang masuk ke dalam silinder motor menjadi hangat
Exhaust
manifold
intake
manifold
Gasket
manifold
Itu saja
yang dapat saya berikan. Semoga bermanfaat untuk Anda dan kita semuanya. Terus update
semuanya disini di blog sederhana ini. Terima kasih untuk Anda yang selalu
setia selalu......
Tidak ada komentar:
Posting Komentar